Minggu, 29 Agustus 2010

TIPS DAN TRIKNYA


OPTIMALKAN BLACKBERRY ANDA DENGAN TIPS DAN TRIKNYA


Blackberry kini menjelma menjadi simbol gaya hidup baru. Optimalkan fitur blackberry agar terasa betul manfaat peranti mobile mutakhir ini.

Blackberry punya banyak fitur menarik selain fitur andalan push email, browsing, dan chatting. Beberapa tipe blackberry ada yang dilengkapi dengan kamera, GPS, hiburan dan multimedia. Bagi pengguna pemula mungkin agak canggung untuk mengetik cepat, me-reply, mem-forward email, menggunakan fitur kamera, media dan lain-lain. Sebenarnya blackberry menyediakan banyak shortcut untuk optimalisasi kecepatan akses fitur-fiturnya agar menghemat waktu. Berikut beberapa tips dan trik penggunaan blackberry.

TIPS UMUM

- Untuk berpindah-pindah aplikasi tahan Alt key dan tekan Esc key, lalu pilih aplikasi yang dikehendaki dan lepas Esc key.

- Untuk kembali ke home screen tekan Esc key.

- Menerima transfer file lewat bluetooth: pertama aktifkan bluetooth terlebih dahulu dengan cara masuk ke menu manage connection > lalu check box bluetooth dicentang. Kemudian masuk kemenu media, pilih option > receive using bluetooth > save.

- Untuk memba;as email yang sudah dibaca, tekan huruf R, untuk mem-forward tekan huruf F.

- Untuk melihat alamat email pengirim: nama kontak dipilih lalu tekan huruf Q

- Untuk mengirim email tekan huruf C

- Untuk mengetik karakter dengan aksen tertentu, misalnya untuk membuat karakter ® tekan dan tahan huruf R lalu geser track ball kekiri atau kekanan sampai huruf yang dimaksud muncul.

TIPS MENAMBAH / MENGHAPUS ACCOUNT EMAIL

Blackberry memiliki kelebihan untuk menampung hingga sepuluh account email yang kita miliki. Jadi kita tak perlu repot log in satu persatu account email saat mengeceknya setiap hari. Selanjutnya untuk incoming dan outgoing dari beberapa account email kita bisa langsung menggunakannya dalam satu perangkat ini. Ada dua cara menambah email, yaitu lewat device ini langsung atau melalui webclient operator yang digunakan (http://operator.blackberry.com)

TIPS MENAMBAH / MENGHAPUS ACCOUNT EMAIL DI HANDHELD

Pertama masuk ke menu utama, pilih email setting ber-icon surat dengan gambar gear dan panah merah. Setelah icon tersebut kita klik, maka akan ada pilihan untuk new user dan existing user. Bila kita baru pertama kali menggunakan layanan blackberry, perlu membuat account baru (create new account) dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Seandainya kita sudah memiliki account maka kita pilih existing user dan memasukkan username serta password. Setelah login kita pilih service > email account > add an email account, lalu kita masukkan username dan password account email yang sudah kita miliki seperti Yahoo!, Gmail, Microsoft Outlook, atau email kantor. Lalu setelah memasukkan username dan password kita klik next, tunggu beberapa saat dan bila berhasil akan ada notifikasi.

TIPS MENGGANTI SIGNATURE

Etiap kali anda mengirim email biasanya ada bagian akhir isi email tersebut ada signature default dari operator seperti “sent from my Blackberry powered by……” Hal itu tentu hanya akan meninggalkan identitas bahwa anda menggunakan layanan blackberry dari operator tersebut. Anda bisa menggantikannya dengan identitas diri anda sendiri, seperti nama, nomor telepon, dan alamat kantor. Cara menggantikannya adalah sebagai berikut :

- Masuk ke webclient operatow yang kita gunakan, misalnya Telkomsel (http://telkomsel.blackberry.com), indosat (http://indosat.blackberry.com), atau xl (http://xl.blackberry.com).

- Masukkan username dan password pada form webclient operator yang kita gunakan.

- Bila belum terdaftar anda harus membuat account (create account), setelah itu kita diwajibkan mengisi informasi device PIN dan IMEI handheld yang kuta gunakan. Informasi ini biasanya ada pada label di box saat pertama kita beli, atau bisa kita ketahui pada handheld itu sendiri dari menu option > status, atau tekan secara bersamaan tombol : Alt + aA + H

- Setelah memiliki account di webclient anda bisa langsung login, lalu tinggal pilih account email mana yang ingin diganti signaturenya dengan meng-klik edit di bagian kanan, jika sebelumnya anda telah menambah account email yang anda miliki seperti Yahoo! Mail, Gmail, Microsoft outlook, atau email kantor.

TIPS BLACKBERRY MAPS

- Untuk zoom in peta tekan huruf I, untuk zoom out tekan huruf O.

- Untuk menampilkan dan menyembunyikan info status dipeta tekanhuruf U.

- Untuk berpindah arah berikutnya dari suatu rute tekan huruf N, berpindah arah dari rute sebelumnya tekanhuruf P.
TIPS MELEGAKAN MEMORY SIZE

Blackberry seri 8xxx memiliki 64 MB memory internal yang digunakan secara bersama antara operating system, system RAM dan storage. Yang akhirnya kalau kita menggunakan OS 4.5 dengan installasi standard hanya menyisakan memory paling bagus sekitar 24 MB. Dan apabila dipakai cukup lama, biasanya akan mulai melambat kalau sudah memasuki memory tersisa di bawah 10 MB.

Beberapa tips ini mulai dari yang simple dan dilanjutkan dengan yang sedikit rumit :

Simple
- nstall aplikasi yang diperlukan saja, tidak perlu menyimpan aplikasi yang hanya dipake sekali saja atau jarang.
- indari aplikasi yang akan terus menerus menyala/aktif, seperti Google Mail atau Yahoo Messenger. Gunakanlah yg penting saja dan jangan aktifkan automatically connect.
- Keep messages seminim mungkin saja, contoh 15 hari, atau rajin2 menghapus email saja.
- Tidak perlu menyimpan log history chatting dari YM, GTalk, blackberry messenger atau lainnya.
- Restart blackberry kalau berasa udah mulai lambat.

Sedikit Rumit
- Install ulang OS blackBerry anda dan pilih seperlunya, contoh : jangan install language, MDS, DOD Certificate, Password Keeper, Blackberry Maps kalau tidak ada GPS, BrickBreaker, Document To Go.
Cara install ulang bisa dibaca : http://dicky.wahyupurnomo.com/2008/09/22/prosedur-upgradereinstall-os-blackberry/
- Install MaxMem via blackBerry saja, buka URL: http://mobile.blackberrytrade.com
Dari aplikasi itu kita bisa membuang : Themes yang tidak digunakan, PTT (Push to Talk), Voice Activated Dialing (VAD), MDS, Ringtones. Dan ini relatif aman. Aplikasi ini bisa dihapus kalau udah selesai dipake.
CARA MENGIRIM FILE VIA BLUETOOTH

Blackberry memang punya cara yang unik dalam menerima file dari handheldn non blackberry via bluetooth

Caranya :
1. Aktifkan Bluetooth, bisa dari menu manage connections lalu centang pilihan bluetooth atau dari setup bluetooth juga bisa.
2. Buka menu media.
3. Klik tombol option/logo BB di keypad sebelah kiri trackball.
4. Pilih Receive on Bluetooth.
5. SIlahkan kirim file dari handheld lain.