Minggu, 29 Agustus 2010

LG DAN SAMSUNG TERSANDUNG BLACKBERRY


LG DAN SAMSUNG TERSANDUNG BLACKBERRY


Jakarta - Smartphone BlackBerry termasuk sukses di pasaran. Barangkali tak ingin kesuksesan ini didompleng pihak lain, pihak Research In Motion (RIM) sebagai pengembangnya tak sungkan menggugat perusahaan raksasa seperti LG Electronics.

RIM menggugat LG Electronics karena dianggap menggunakan merek yang terdengar sama dengan nama BlackBerry. Kasus ini sebenarnya bermula pada tahun 2006. Saat itu, LG mendaftarkan merek Black Label di kantor paten dan hak cipta Amerika Serikat untuk produk ponselnya.

Sampai 10 bulan kemudian, LG mendaftarkan merek-merek berikutnya seperti Chocolate Black Label Series, Black Jewel, Black Jewelry, Blackruby, Blackpearl dan Pearlring. Nama-nama ini dipermasalahkan RIM karena dianggap terdengar seperti merek BlackBerry.

"Tindakan LG ini akan merusak keuangan kami dan menimbulkan kerusakan yang tak bisa diperbaiki terhadap RIM dan merek BlackBerry,' demikian klaim dari juru bicara RIM seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Senin (12/11/2007).

Bukan hanya LG yang jadi 'sasaran tembak' RIM. Rekannya sesama perusahaan Korea Selatan, Samsung pun juga pernah digugat RIM karena peralatan wireless produksi Samsung bernama BlackJack. Pasalnya orang-orang RIM menganggap orang-orang akan kebingungan membedakan antara BlackJack dengan BlackBerry.