Minggu, 07 November 2010

Google Android Salip BlackBerry


TEMPO Interaktif, Helsinki - Platform Google Android berhasil menggeser posisi sistem operasi Blackberry dalam persaingan OS smartphone. Menurut perusahaan riset Canalys, Android kini berada di posisi kedua atau menguasai 17 persen pasar platform software smartphone pada kuartal ketiga tahun ini.

Di posisi teratas, masih bertengger platform Nokia Symbian yang menguasai 37 persen pasar OS smartphone. Adapun BlackBerry dari Research In Motion (RIM), Apple dan Microsoft berturut-turut menempati posisi di belakang Android.

Terdongkraknya pamor Android, menurut Canalys, lantaran banyak pabrikan ponsel yang menggunakan sistem operasi tersebut. Sebut saja, Motorola Inc, HTC Corp dan Samsung Electronics, menempatkan Google Android sebagai platform terbaik untuk perangkat mobile buatan mereka.

Selain itu, Android dapat digunakan secara gratis dan itu menjadi salah satu pemicu tumbuhnya sistem operasi yang 'baru' hadir di pasar smartphone dua tahun lalu. Akibatnya, harga smartphone Android jauh lebih murah ketimbang ponsel buatan Nokia, RIM, dan Apple.

"Pengguna smartphone kini lebih banyak kalangan menengah," kata analis Pete Cunningham dari Canalys.

Reuters|Rini K