Minggu, 07 November 2010

Aplikasi Jalin Merapi on BlackBerry



[Tanggap Merapi dengan BlackBerry] Tanggap Merapi dengan BlackBerry

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengelolaan informasi saat bencana sangat penting mengingat isu yang berkembang dapat menimbulkan kepanikan. BlackBerry bisa menjadi alat komunikasi penanganan bencana yang cepat. Proses erupsi Gunung Merapi (2.980 mdpl) di perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sejak 26 Oktober 2010 telah menimbulkan banyak korban. Jaringan Informasi Lingkar Merapi (JALIN MERAPI) berusaha menyampaikan informasi perkembangan Gunung Merapi langsung dari lapangan. Di sinilah peran aplikasi Jalin Merapi on BlackBerry.

Aplikasi Jalin Merapi on BlackBerry bisa diunduh dengan membuka alamat situs pada native browser: http://jalinmerapi.7langit.com. Karya developer aplikasi 7 Langit ini kompatibel untuk OS 4.6-6.0. Aplikasi ini dapat diinstalasikan pada tipe BlackBerry 8520, 8900, 9000, 910x, 9300, 96x0, 9700, dan 9800. Jalin Merapi hanya memiliki ukuran data 500,3 KB.

Kewaspadaan dan koordinasi diperlukan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah. Aplikasi Jalin Merapi on BlackBerry memberikan notifikasi apabila ada perkembangan terbaru dari situasi Merapi. Anda bisa membaca mengenai latar belakang Jalin Merapi pada menu Tentang Jalin Merapi. Kontak Jalin Merapi pun telah disajikan lengkap.

Berbagai berita terkini seputar Merapi akan dimuat dalam menu Info Merapi. Anda bisa mengetahui kondisi pengungsi, barak, ancaman penyakit, dan berbagai bantuan yang diperlukan oleh pengungsi.

Menu Telepon Darurat berisi daftar kontak pejabat setempat, radio komunitas, dan tim siaga. Informasi ini sangat penting bagi pihak luar yang mau menyalurkan bantuan. Tiap posko pengungsian memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Arus informasi yang terkoordinasi ini bisa membantu penyebaran bantuan agar tepat guna. Anda juga dapat mengontak mereka untuk mengecek sanak saudara apabila belum mendapat kabar.

Jalin Merapi memiliki akun Twitter yang banyak dikontak para relawan. Anda bisa melihat kebutuhan korban bencana dengan membaca timeline akun @jalinmerapi. Aplikasi ini memberi koneksi langsung ke Twitter. Pantau pula posko pengungsi yang tersedia dan kebutuhan logistik. Posko yang kelebihan bantuan pun bisa mengalirkannya ke posko yang masih kekurangan. Aksi penanganan bencana diharapkan lebih sigap dengan informasi real time. (KARLINA/FORSEL)