Jumat, 23 Desember 2011

BlackBerry Vs apple


iphone_blackberry_ufc
Sejak kemunculan iOS 5 Beta untuk iPhone 3GS ke atas, sering sekali perbandingan oleh Apple Fanboy dan RIM Fanboy membandingkan tentang kedua fitur tersebut. Maka dari itu, beberapa contributor dari Antihackerlink Repository telah membuat chart perbandingan dan akan sedikit membahasnya di sini.

Pengujian perbandingan ini dilakukan di atas system sebagai berikut :
Blackberry® Pearl 9105 5.0.0.831, BBM 6.0.0.73
iPhone 4 16GB FU iOS 5 Beta (Registered UDID)


Dari beberapa hasil perbandingan di atas, bisa di simpulkan bahwa sebenernya fungsi/tujuan BBM dan iMessage adalah sama, walaupun dengan konsep dan fitur yang berbeda. Dari perbandingan yang muncul di atas, beberapa fitur terlihat mencolok di beberapa sisi, akan kita bahas sedikit di sini.

Kita akan bahas masalah pengiriman files, limit character dan backup management. Apabila Anda suka dengan komunitas, Blackberry Messenger dan Apple iMessage masih bisa untuk menghandle kebutuhan Anda, baik BBM dan iMessage, menyediakan fitur untuk kebutuhan group chat atau yang disebut Group Messaging. Jadi Anda bisa melakukan diskusi dalam satu waktu dengan beberapa orang secara bersamaan. Namun, saat kami melakukan tes, ada beberapa kelemahan dari iMessage, yaitu saat Anda sudah membuat 1 grup dengan jumlah orang tertentu, dan disaat Anda ingin memasukkan member baru dalam group tersebut, Anda harus membuat group baru, dan tidak bisa di masukkan dalam group yang sudah ada.

Kemudian, untuk fitur pengiriman files, sementara ini iMessage hanya bisa mengirimkan file berupa gambar dan video saja, tanpa ada batas ukuran file dalam sekali kirim. Namun, untuk Anda pengguna BBM, ada batas limitasi file dalam sekali kirim jika Anda menggunakan protokol Blackberry Messenger.

Untuk fitur pengiriman pesan teks, walaupun tidak menggunakan jalur SMS, secara tidak langsung beberapa fitur pengiriman pesan dalam BBM (Blackberry Messenger) juga di batasi dalam pengiriman jumlah karakter (sadar atau tidak pengguna Blackberry?), namun saat kita lakukan testing di iMessage, tidak ada batas karakter dalam sekali pengirman.

Yang kami salut adalah, sistem iCloud yang di usung oleh Apple. Jika ada 2 atau lebih iOS 5 Device yang menggunakan 1 email untuk synchronize ke server iCloud, maka saat device pertama yang melakukan sync ke server iCloud, maka device lain pun akan ikut ter-sinkronisasi. Misalnya, iOS Device A melakukan sync ke server iCloud, dan data terbaru berupa data iMessage, maka di device lain yang menggunakan email yang sama pun akan muncul juga seperti di iOS Device A.

Untuk kesimpulannya, jika Anda seorang yang ingin selalu aktif dalam social network, baiknya untuk saat ini BBM masih tetap unggul walaupun masih ada limitasi di beberapa sisi, namun apabila Anda adalah seorang yang membutuhkan mobilitas dan coverage yang cukup luas (di mana pun data Anda bisa di akses), Anda layak menggunakan fitur Apple yang sudah ada dalam iMessage :)