Minggu, 18 Desember 2011

BlackBerry 10

BlackBerry 10 adalah OS terbaru (berikut service baru) yang akan segera hadir untuk perangkat BlackBerry. Apakah smartphone BlackBerry Anda bisa di-upgrade ke BlackBerry 10? Mari kita coba telaah berdasarkan informasi yang kami peroleh.
Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai BlackBerry 10 itu sendiri, kunjungi artikel Blackberry 10: OS Baru yang revolusioner.

Canggih = Butuh Tenaga Ekstra

Dengan adanya runtim environment untuk menjalankan aplikasi Android dan beragam efek yang tersedia dari cascade, perangkat untuk BlackBerry 10 seharusnya memiliki hardware yang kuat. Mari kita lihat apa yang tersedia pada smartphone BlackBerry yang ada sekarang. Smartphone BlackBerry yang diluncurkan sebelum OS7 diperkenalkan menggunakan prosesor dengan kecepatan berkisar 600 MHz. jadi, rasanya aman untuk mengatakan bahwa jajaran smartphone tersebut nyaris tidak mungkin bisa di-upgrade ke Blackberry 10.

Smartphone dengan basis OS6 seperti "Onyx2" ini, seharusnya tidak akan menerima upgrade BlackBerry 10
Smartphone terbaru seperti Bold 9900 (Dakota), Bold 9790 (Belagio), dan beberapa smartphone BlackBerry dengan OS7 lainnya, dihadirkan dengan prosesor single core berkecepatan sekitar 1 GHz dan GPU yang sebenarnya sudah cukup lumayan. Layarnya pun sudah dilengkapi dengan kemampuan navigasi sentuhan. Seharusnya, jajaran smartphone dengan OS7 tersebut memiliki kemungkinan untuk di-upgrade ke BlackBerry 10.

Ada kemungkinan yang sangat besar, bahkan Bold 9900 "Dakota" tidak akan menerima upgrade BlackBerry 10
Sayangnya, setidaknya dari pembicaraan kami dengan pihak RIM saat BlackBerry DevCon Asia 2011 berlangsung, BlackBerry 10 akan membutuhkan setidaknya prosesor dual core. Itulah sebabnya, PlayBook menjadi dasar untuk pengembangan awal OS revolusioner tersebut. Jadi, berdasarkan pernyataan tersebut, seharusnya semua smartphone BlackBerry yang tersedia di pasaran saat ini, tidak bisa di-upgrade ke BlackBerry 10 dan otomatis tidak bisa menikmati kecanggihannya juga. BlackBerry PlayBook adalah satu-satunya perangkat BlackBerry yang tersedia sekarang yang bisa di-upgrade ke BlackBerry 10.

Hampir dapat dipastikan, BlackBerry PlayBook akan memperoleh OS BlackBerry 10

Smartphone BlackBerry 10

Berdasarkan gosip yang beredar di Internet, kami menemukan dua kandidat smartphone yang seharusnya diluncurkan dengan OS BlackBerry 10. Kedua smartphone ini menggunakan kode BlackBerry London dan BlackBerry Milan. BlackBerry London adalah smartphone dengan hanya layar sentuh saja, sementara BalckBerry Milan adalah smartphone dengan layar sentuh dan keyboard model slider (bayangkan BB Torch).

Smartphone BlackBerry "London" ini disinyalir akan menggunakan BlackBerry 10 (foto diperoleh dari www.theverge.com)
Apabila kita mengacu pada pernyataan RIM di atas, berarti kedua smartphone masa datang dari RIM ini akan menggunakan prosesor dual core. Setidaknya, keduanya akan memakai prosesor yang setara dengan BlackBerry PlayBook saat ini (dual-core 1 GHz). Anda tidak sabar? Jangan khawatir, berdasarkan info yang kami peroleh, seharusnya Blackberry 10 sudah tersedia sebelum pertengahan tahun 2012 (kuartal 2, tahun 2012). Jadi, tidak lama lagi, bukan?

BlackBerry "Milan" ini digosipkan juga akan menggunakan OS BlackBerry 10 (foto diperoleh dari www.crackberry.com)
Catatan: Apa yang kami tuliskan di sini didasari atas informasi yang kami peroleh, asumsi logis kami dan gosip yang beredar di Internet. Pada akhirnya, smartphone mana yang bisa menggunakan OS BlackBerry 10 akan ditentukan pada saat peluncurannya nanti.