Jumat, 01 Februari 2013

BlackBerry 10 akan Hadir di Indonesia

 BlackBerry 10

Sistem operasi beserta dua ponsel BlackBerry 10 resmi dirilis pada 30 Januari 2013. Pertanyaan yang muncul setelahnya, kapan produk BlackBerry 10 akan masuk pasar Indonesia?

Perusahaan BlackBerry, yang dulu bernama Research In Motion, belum memberi keterangan resmi soal ketersediaan produk barunya di Indonesia. Namun, dari sektor distributor dan operator seluler mengatakan bahwa dua perangkat BlackBerry akan masuk pasar Indonesia pada awal Maret 2013.
Direktur Pemasaran XL Axiata Joy Wahyudi menyatakan siap menyambut BlackBerry 10. “Pekan pertama di bulan Maret, kita siap sambut BlackBerry 10,” kata Joy seusai meluncurkan kartu perdana prabayar XL Bebas di Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Erajaya Group yang memiliki anak usaha Teletama Artha Mandiri (TAM) sebagai salah satu distributor BlackBerry di Indonesia juga menyatakan BlackBerry 10 akan masuk Indonesia pada Maret.
“Kabar yang tersiar di industri, BlackBerry 10 memang akan masuk Maret. Tapi, kita belum tahu produk mana yang akan masuk lebih dulu, termasuk harganya. Ini semua dikendalikan oleh BlackBerry,” ujar Djatmiko Wardoyo, Direktur Pemasaran dan Komunikasi Erajaya Group, saat dihubungi KompasTekno.
Djatmiko berpendapat, keingintahuan pasar tentang BlackBerry 10 cukup tinggi dan memberi pertanda baik karena ini bisa disebut sebagai re-born dalam lini produk BlackBerry. Tampilan BlackBerry 10 didesain modern, begitupun dengan performa yang lebih gegas dan mulus.

Produk yang berjalan dengan sistem operasi BlackBerry 10 tak perlu lagi berlangganan BlackBerry Internet Service (BIS) untuk memakai layanan BlackBerry Messenger (BBM). “Cukup langganan layanan data dari operator, pengguna sudah bisa BBM-an,” ungkap Joy.

Mengingat Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar untuk BlackBerry, operator seluler akan menyiapkan program bundel, termasuk Indosat dan Telkomsel.
Division Head Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel Arief Pradetya mengatakan, pihaknya pasti akan mengadakan program bundel untuk semua perangkat andalan dari produsen ponsel, termasuk BlackBerry Z10.

BlackBerry 10 akan dimanfaatkan operator seluler untuk menggaet pelanggan dari kelas menengah ke atas. Tak menutup kemungkinan mereka akan membuat program kontrak setahun, dengan penawaran paket layanan seluler dan internet yang kompetitif.
Semoga bermanfaat…