Minggu, 07 Oktober 2012

BlackBerry Basic Troubleshooting

BlackBerry Basic Troubleshooting


Index :

1.Cara Pengecekan MEID

2.Cara Pengecekan Validitas SPC

3.Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Proses Inject BlackBerry Via AO Tools

4.Basic Troubleshooting : Test Call ke *228

5.Kondisi-kondisi Request Pairing Ditolak Oleh AOTool

6.Symptom 1 : Tidak Bisa Telepon/SMS

7.Symptom 2 : Tidak Bisa Akses Data

8.Symptom 3 : Tidak Bisa SMS ke Shortcode (999, 2233, dll)

9.Symptom 4 : Tidak Bisa Telepon Ke Nomor Tujuan Berawalan +62 Atau dari Menu Phonebook

10.Sympton 5 : Tidak Bisa Telepon Keluar karena Fitur Restrict My Identity

11.Symptom 6 : Tidak Bisa Telepon Keluar (Khusus BlackBerry Dual Mode)

12.Symptom 7 : Sebagian Fitur dari Layanan BIS Tidak Berjalan Dengan Baik





- Troubleshooting -


1. Cara Pengecekan MEID/ESN

Tekan #4357* -> tekan OK/Call -> MEID/ESN yang digunakan adalah MEID/ESN(hex)



2. Cara Pengecekan Validitas SPC

* Tekan ##SPC. Misalnya: SPC = 000000, maka tekan ##000000 lalu teakn OK/Call.
* Jika muncul layar CDMA Edit Service, maka SPC benar.
* Jika SPC salah, akan muncul notifikasi “Invalid Password” pada layar BlackBerry.

3. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pada Proses Inject BlackBerry Via AO Tools

* Pastikan data diri Pelanggan diinputkan dengan benar pada AOTool
* Pastikan  MEID/ESN dari BlackBerry diinputkan di AOTool dengan benar dan menggunakan huruf KAPITAL
* Pastikan bahwa perangkat BlackBerry tidak sedang dalam keadaan terinject oleh nomor Smart/Fren lain
* Pastikan SGO mengetahui SPC dari perangkat BlackBerry yang akan diinject
* Smartfren tidak bertanggungjawab atas kesalahan data MEID yang salah diinputkan
4. Basic Troubleshooting : Call ke *228

Pada saat call ke *228 dari perangkat BlackBerry, biasanya akan terdengar suara mesin penjawab sbb :
"Selamat datang di layanan Smartfren Pilih Nomor Semaumu. Welcome to Smartfren Pilih Nomor Semaumu Service
Untuk Bahasa Indonesia tekan satu. For services in English, press two... dst"
* Lakukan call ke *228 setelah selesai melakukan proses inject
* Tujuannya adalah untuk pengecekan apakah proses inject sudah berhasil
* Jika pada saat call ke *228 terdengar suara mesin penjawab seperti diatas --> perangkat dalam keadaan baik
* Jika pada saat call ke *228 tidak terdengar suara apa-apa --> kemungkinan terjadi masalah pada proses inject
  Dampak : Kemungkinan ada kegagalan pada saat telepon, SMS, layanan BIS dll.
  Perlu dilakukan troubleshooting lebih dalam (Lihat tutorial troubleshooting pada Symptom 1 s/d Symptom 7)



5. Kondisi-kondisi Pairing Request Ditolak oleh AOTool

* Nomor sudah dalam keadaan aktif* Nomor dipilih bukan berasal dari alokasi SGO
* BlackBerry dalam keadaan sudah terinject dengan nomor Smart/Fren lain (MEID tidak kosong)
    
6. Symptom 1 : Tidak Bisa Telepon/SMS


Indikasi :  Pulsa cukup dan berada dalam coverage sinyal 1x, tetapi tidak bisa melakukan panggilan keluar, panggilan masuk, atau SMS.

Troubleshooting :a) Cek Mobile Network pada perangkat BlackBerry. Mobile Network harus dalam keadaan ON.

      Caranya :   
        Pada perangkat BlackBerry, masuk ke Menu Manage Connection
        Pastikan Mobile Network dalam keadaan ON

       

b) Cek PRL version dari perangkat BlackBerry

      Caranya :   
        Pada perangkat BlackBerry, tekan #4357*, setelah itu tekan call/OK.
        Cek pada bagian PRL version  : harus bernilai 10014.
        Jika PRL version bukan 10014, lakukan eskalasi ke Smartphone-Support.
[CENTER][ATTACH=CONFIG]1554[/ATTACH][/CENTER]
       


c) Jika semua sudah sesuai, tapi perangkat BlackBerry masih tetap tidak bisa telepon/SMS, lakukan restart sinya.
      Caranya adalah dengan mematikan semua sinyal, lalu aktifkan kembali.


d) Lakukan test call ke *228 sampai dengan terdengar bunyi mesin penjawab.
   

7. Symptom 2 : Tidak Bisa Akses Data


Indikasi :  BIS yang terdaftar sudah sesuai, pulsa mencukupi, namun tidak bisa melakukan akses data (browsing, download, dll).
   
Troubleshooting :a) Pastikan kembali bahwa nomor sudah berlangganan layanan BIS yang sesuai.
     
b) Pastikan Data Service dalam keadaan ON.
    [ATTACH=CONFIG]1555[/ATTACH]
      Caranya :
          * Pada perangkat BlackBerry, masuk ke menu Manage Connection, pilih menu Mobile Network Options.
        * Pastikan Data Service harus dalam keadaan ON
           


c) Lakukan hard reset perangkat BlackBerry (matikan perangkat dan cabut baterai).

d) Lakukan register HRT (Host Routing Table).
      Caranya :
      * Pada perangkat BlackBerry, masuk ke menu Options, kemudian pilih menu Device
      * Pilih Advance System Settings, lalu pilih Host Routing Table
      * Klik tombol Menu BB, kemudian pilih Register Now

e) Jika Jika langkah (a) s/d (d) sudah dilakukan tetapi tetap tidak bisa akses data, lakukan inject ulang dengan menggunakan MEID.
      Caranya: Hubungkan kembali BlackBerry dengan komputer/laptop melalui  kabel USB), kemudian masuk kembali ke menu production mode pada AOTool dan eksekusi ulang.
     


8. Symptom 3 : Tidak Bisa SMS ke Shortcode (999, 2233, dll)

Cara Pengecekan : Tes SMS ketik “Cek” kirim ke 999.
Jika terkirim dan tidak mendapat balasan, atau tidak terkirim dan tidak mendapat balasan,
atau balasan berupa “Perintah yang Anda masukkan salah. Silakan ulangi lagi”.
Troubleshooting :a) Solusi untuk OS 6 : Masuk ke menu SMS/Text, Klik tombol menu BB, Pilih Option.

    Pada bagian Data Coding, pastikan bahwa mode-nya adalah ASCII.

b) Solusi untuk OS 5 : Masuk ke menu kemudian pilih menu Option.

    Pada menu SMS, pilih Data Coding, lalu pastikan mode-nya adalah ASCII.    



9. Symptom 4 : Tidak Bisa Telepon Ke Nomor Tujuan Berawalan +62 Atau Dari Menu Phonebook


Indikasi :  Tidak bisa telepon keluar (call out) dari kontak atau menu phonebook.
Atau tidak bisa telepon (call out) jika nomor tujuan berawalan +62-xxxxxx.

Troubleshooting :* Solusi berlaku untuk semua versi BlackBerry OS* Masuk ke menu Call (tekan tombol telepon berwarna hijau)* Tekan tombol menu BB lalu pilih Option, kemudian pilih Smart Dialing
* Pada Bagian Country Code, pastikan terisi “Indonesia +62”* National Number Length diisi 10* Use “0” for National Dialing diisi "YES"
* Pastikan angka ini harus ”0”. Jika bukan 0, eskalasi ke Smartphone Support utk di push secara  Manual




10. Symptom 5 : Tidak Bisa Telepon Keluar Karena Fitur Restrict My Identity


Indikasi :  Pada setiap kali melakukan panggilan ke luar, muncul suara mesin penjawab : “Kode fitur yang Anda tekan tidak tersedia”.
Troubleshooting :* Masuk ke menu Call (tekan tombol telepon hijau)* Klik menu BB, Pilih Option, Menu In Call Setting (OS 6 ke bawah) / Menu General Option (pada OS 7)
* Pada Bagian Restrict My Identity, pastikan terisi dengan Network Determined


11. Symptom 6 : Tidak Bisa Telepon Keluar (Khusus BlackBerry Dual Mode)


Indikasi :  Tidak bisa telpon pada perangkat BlackBerry Dual Mode (CDMA-GSM atau CDMA-CDMA)
Troubleshooting :* Masuk ke menu Call (tombol telepon hijau)* Arahkan kursor ke paling atas layar, lalu klik bagian  “LINE” .
* Pastikan Nomor Smartfren ada di line 1, dan line 1 dalam keadaan “terpilih” (highlight warna biru)

[ATTACH=CONFIG]1556[/ATTACH]
 * Lakukan test call kembali, jika no SMART/FREN sudah ada di line 1
         

12. Symptom 7 : Sebagian Fitur Dari Layanan BIS Tidak Berjalan Dengan Baik


Indikasi : Sudah berlangganan BIS (minimal paket BIS adalah BIS Simple), akan tetapi ada salah satu fitur BIS yang tidak bisa digunakan,
sedangkan sebagian fitur lainnya berjalan dengan normal.
Contoh : tidak bisa browsing saja, sedangkan email bisa.
Troubleshooting :* Hapus Service Book, dengan cara :
    Masuk ke menu  Options, pilih menu Device, pilih Advance System Settings ? Service Book
    Lalu akan muncul list Service Book, tekan logo BB lalu pilih Delete ? Lakukan penghapusan ini sampai Service Book dalam keadaan kosong.* Lakukan register Host Routing Table, dengan cara :
    Masuk ke menu Options, pilih menu Device, pilih Advance System Settings,
    Pilih Host Routing Table, lalu klik menu BB dan pilih Register Now.
    Lakukan “Register Now” berulang kali (minimal 5x) untuk men-trigger dengan lebih cepat.* Lakukan send service book secara manual dengan cara :
    Masuk ke Menu  Setup, Pilih Email Accounts, kemudian pilih Internet Mail Account
    Kemudia
n akan muncul list, tekan logo BB lalu pilih Service Book, pilih Send Service Book* Ketiga langkah diatas bersfat mandatory (langkah harus dilakukan dari step 1 sampai 3 secara berurutan).
  
SEMOGA BERGUNA

1 komentar:

  1. kolom yg ini "Jika PRL version bukan 10014, lakukan eskalasi ke Smartphone-Support.
    [CENTER][ATTACH=CONFIG]1554[/ATTACH][/CENTER]"
    bisa dijelaskan lagi gak maksudnya gan?saya cek dsni PRLnya 1,n bb saya emang g bisa nelpon n sms

    BalasHapus